Model Model Pembelajaran Matematika

Pengertian Matematika

Menurut Andi Hakim Nasution.

Menurut Andi Hakim Nasution (1980:12) istilah matematika berasal dari bahasa Yunani mathein atau mathemein yang artinya mempelajari, namun kata itu pula dengan kata sanskerta medha atau widya yang artinya kepandaian, ketahuan, atau intelegensi.

Menurut Johnson & Rissing  dalam Ruseffendi (1988:2)

bahwa:

  1. matematika adalah pengetahuan terstruktur dimana sifat dan teori dibuat secara deduktif berdasarkan unsure-unsur yang didefinisikan atau tidak didefinisikan dan berdasarkan aksiana, sifat atau teori yang telah dibuktikan kebenarannya.
  2. Matematika adalah bahasa simbol tentang berbagai gagasan dengan menggunakan istilah-istilah yang didefinisikan secara cermat, jelas dan akurat.
  3. Matematika adalah seni di mana keindahannya terdapat dalam keterurutan dan keharmonisan.
  4. Matematika adalah bahasa simbol tentang berbagai gagasan.

Simbol-simbol matematika adalah komunikasi, merekam pengetahuan, komunikasi konsep-konsep baru, membuat klasifikasi ganda, menjelaskan membuat reflektif, membantu menunjukkan struktur, membuat manipulasi rutin secara otomatis, mengingat kembali informasi dan pengertian, dan membuat kegiatan mental lebih aktif.

Tujuan Matematika

Tujuan matematika adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten (Kurikulum 2004:75)

 

Tujuan Pembelajaran Matematika

Tujuan pembelajaran pada siswa kelas rendah mencakup tiga hal yaitu membaca, menulis dan berhitung. Ketiga dasar tersebut merupakan landasan peserta didik, untuk menggali dan menimba pengetahuan lebih lanjut. Tanpa penguasaan berhitung yang mantap, sudah barang tentu ilmu-ilmu lain tidak dapat dikuasai (Depdikbud 1994:5).

 

Model Pembelajaran Matematika

Sebagai Landasan Pembelajaran Matematika agar tujuan pelajaran matematika dapat berhasil, maka berikut ini kami uraiakan model model pembelajaran yang ada, semoga bermanfaat

1.   Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik

2.   Pembelajaran Tematik

3.   pemecahan masalah

4.   Penalaran Pemecahan Masalah

5.   Pengelolalaan Kelas

6.   Unjuk Kerja

About these ads

Satu Tanggapan


  1. bagaimana jika dalam matematika kita mengguna model VAK “visual.audio. dan kinestetik” ??
    cocok atau tidak ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: